Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pimpin Mediasi Sengketa Lahan

Pembuang Hulu – Plt. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi H. Sugian Noor, S.Pt., S.E., S.H., M.P. atas nama Bupati Seruyan Yulhaidir memimpin rapat mediasi/fasilitasi permasalahan sengketa lahan lanjutan a.n. Suhardi, dkk. dengan PT. Tapian Nadeggan dan permasalahan sengketa lahan lanjutan a.n. Syuryadi dengan PT. Sawitmas Nugraha Perdana, Senin (03/02/2020), di Gedung Pertemuan Kecamatan Hanau Kabupaten Seruyan.

Sengketa lahan yang terjadi antara Suhardi Dkk, dengan PT. Tapian Nadeggan ini bermula saat Suhardi, dkk. menagih janji pembayaran lahan yang belum diganti rugi oleh PT. Tapian Nadeggan. Saat menagih janji pembayaran lahan tersebut, PT Tapian Nadeggan menolak melakukan pembayaran dengan dasar sudah pernah melakukan pembayaran kepada Suhardi, dkk.

Sedangkan sengketa lahan a.n. Syuryadi dengan PT. Sawitmas Nugraha Perdana terjadi saat Syuryadi menagih janji pembayaran ganti rugi lahan yang telah disepakati sebelumnya dengan membawa bukti Berita Acara Kesepakatan Pembayaran Ganti Rugi Lahan dari PT. Sawitmas Nugraha, tetapi pihak perusahaan tidak mengakui bukti tersebut sehingga menolak melakukan pembayaran ganti rugi lahan. Pihak Perusahaan berkilah bukti tersebut tidak sah karena di tandatangani oleh Manager yang sudah diberhentikan oleh PT. Sawitmas Nugraha.

Sehingga pihak Suhardi, dkk. dan Syuryadi melaporkan masalah tersebut kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Seruyan untuk dilakukan mediasi/fasilitasi permasalahan sengketa lahan kepada pihak perusahaan tersebut. Rapat Mediasi yang dilaksanakan dari Jam 08.00 – 12.00 Wib tersebut menghasilkan keputusan bersama yang telah disetujui oleh masing-masing pihak yang bersengketa untuk melakukan verifikasi ulang data-data yang berhubungan dengan sengketa lahan tersebut. (x0/jai)