Sistem Administrasi Perkantoran Maya (siMAYA) Mempercepat Proses Pelayanan Publik

KUALA PEMBUANG – Pemerintah Kabupaten Seruyan melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik melaksanakan sosialisasi terhadap Sistem Administrasi Perkantoran Maya (siMAYA) di aula Kantor Bupati Seruyan, Senin (11/11). Dibuka oleh  Plh. Sekretaris Daerah (Sekda) Seruyan Drs. H. Djainu’ddin Noor. Dengan narasumber Bapak Ivan Syahreza, ST dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Serta diikuti oleh 72 orang dari 28 SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Seruyan.

Plh. Sekretaris Daerah (Sekda) Seruyan Djainuddin Noor mengatakan, siMAYA merupakan proses kegiatan surat menyurat yang dilakukan secara elektronik dengan akses internet, di dalamnya mencakup tata naskah dinas elektronik, kepegawaian, Surat Penyediaan Dana (SPD), arsip, sosial media internal (chat, video, linimasa penyimpanan dan bagi pakai dokumen online, agenda pimpinan dan E-Mail Client).

Dalam sambutannya Plh. Sekda mengatakan bahwa aplikasi ini sangat bermanfaat, antara lain untuk mempercepat proses pengambilan keputusan maupun pemberian pelayanan publik tanpa harus berada di kantor. siMAYA dapat diakses di mana saja walaupun pimpinan tidak ada di tempat dan tanpa memberikan disposisi kepada pejabat yang ditunjuk, karena semua pejabat diberikan akun siMAYA.

Selain itu juga dimaksudkan untuk menjalankan amanat dari UUD 1945 Pasal 28 F yang menyatakan bahwa setiap orang berhak berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia dan dalam rangka penerapan E-Government.

Penggunaan aplikasi Sistem Informasi Administrasi Perkantoran Maya (siMAYA) dipastikan akan lebih mempercepat proses pelayanan publik jika sudah diimplementasikan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Seruyan. Dengan digelarnya sosialisasi ini sudah menjadi tekad Pemerintah Kabupaten Seruyan untuk segera menerapkannya dalam rangka mempermudah urusan pemerintahan.

Aplikasi Perkantoran yang diberi nama siMAYA yang dapat dimanfaatkan oleh Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah dengan cuma-cuma. Aplikasi ini dikembangkan berdasarkan Tata Naskah Dinas Elekronik yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (MENPAN) No. 6 Tahun 2011 mengenai Tata Naskah Dinas Elektronis di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Pada kondisi dan pertimbangan tertentu, aplikasi siMAYA, dapat diinstal secara lokal di instansi pemerintahan. Aplikasi ini sebagai implementasi sistem elektronik administrasi perkantoran konvensional yang selama ini digunakan. Dapat meningkatkan keterhubungan dan kordinasi antar instansi pemerintah baik pusat dan daerah melalui mekanisme birokrasi yang berlaku.

siMAYA sendiri dapat dilakukan melalui 2 metode, yaitu metode cloud computing dan metode non cloud computing. Metode cloud computing dapat dimanfaatkan oleh Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah yang tidak mempunyai sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten untuk merawat infrastruktur dan tidak mempunyai anggaran yang cukup untuk pengadaan infrastruktur tempat siMAYA akan di install. Metode non cloud computing dapat dipilih oleh Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah yang infrastrukturnya sudah stabil dan mempunyai SDM yang kompeten untuk melakukan pemeliharaan infrastruktur dan aplikasi.

Manfaat dari aplikasi siMAYA  Implementasi sistem elektronik administrasi perkantoran konvensional yang selama ini digunakan. Meningkatkan keterhubungan dan koordinasi antar instansi pemerintah baik pusat dan daerah melalui mekanisme birokrasi yang berlaku. Meningkatkan efisiensi waktu dan efektivitas administrasi perkantoran. Dapat diakses dari manapun dan kapanpun melalui internet dan atau intranet. Implementasi sederhana dari Green ICT di lingkungan instansi pemerintah. (nrl/foto: aan)