Jadikan Peringatan Hari Pahlawan Ke-74 , Sebagai Momentum Untuk Menghargai Jasa Pahlawan Bangsa

Kuala Pembuang –  Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Ke- 74 yang jatuh pada tanggal 10 November 2019, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Seruyan telah mengadakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan yang bertempat di Halaman Kantor Bupati Seruyan.

Upacara yang turut dihadiri Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, anggota Forum koordinasi pimpinan Daerah, Kepala SKPD, para pejabat dan Pegawai dalam lingkung Pemerintah Daerah Kabupaten Seruyan  dan perwakilan siswa siswi Sekolah Dasar, dan menengah di Kuala Pembuang beserta tamu undangan lainnya berlangsung tertib dan khidmat.

Dalam upacara tersebut, Wakil Bupati Seruyan Hj.Iswanti, SE atau yang akrab dengan panggilan iswanti bertindak sebagai pembina upacara.sedangkan yang bertindak sebagai komandan upacara adalah Kasat Polair Polres Seruyan Iptu Afif Hasan. Dan disamping itu yakni Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Zuly Eko Prasetyo membacakan teks Undang-Undang Dasar.

Dalam sambutan Menteri Sosial yang dibacakan Wakil Bupati Seruyan Iswanti mengingatkan  bahwa Peristiwa 10 November di Surabaya, menjadi peringatan bagi kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidak datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri ini.

Oleh karena itu ia mengharapkan peringatan Hari Pahlawan ini dapat membangkitkan rasa cinta dan menghormati pada para pahlawan. Karena Seperti halnya ucapan The Founding Fathers / pendiri bangsa Soekarno atau yang kerap dipanggil Bung Karno, yang mengatakan  bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu menghargai jasa para pahlawannya.

Kemudian ia juga berpesan kepada seluruh generasi muda Kabupaten Seruyan khususnya, bahwa mereka juga bisa menjadi pahalawan masa kini, berjuang tidak harus dengan mengangkat senjata tetapi berjuang cukup menjadi panutan untuk generasi selanjutnya dengan menunjukan prestasi yang mampu mengharumkan nama daerahnya sebagaimana tema peringatan hari pahlawan 2019 “Aku Pahlawan Masa Kini”.

Kemudian setelah upacara selesai acara dilanjutkan dengan penyerahan bingkisan kepada seluruh keluarga veteran. Hal tersebut merupakan wujud rasa hormat serta kepedulian pemerintah daerah kepada keluarga veteran, terlebih kepada para veteran yang masih hidup.

Setelah Upacara peringatan Hari Pahlawan Ke- 74 selesai , rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan Upacara Ziarah Makam Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Pasir Kencana, Kuala Pembuang. Upacara dipimpin langsung oleh Wakapolres Seruyan Kompol Timur Santoso.“hal ini memang rutin dilakukan, yang mana hal ini bertujuan untuk memberikan sedikit penghargaan kepada para pahlawan terdahulu yang telah berjuang sekuat tenaga demi Seruyan.Karena tanpa mereka Indonesia khususnya Seruyan ini tidak mungkin menjadi seperti ini, sehingga saat ini hanya perlu melakukan apa yang harus kita lakukan, dan salah satunya adalah memberikan perhatian kepada keluarga mereka”. ujarnya

Kompol Timur Santoso mengatakan bahwa ziarah nasional ini mengandung makna yang sangat besar, dimana semangat para pejuang pendahulu bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan negara ini diharapkan mampu memberikan motivasi kepada generasi penerus bangsa untuk terus mengabdi demi kemajuan bangsanya.

Setelah selesai menggelar upacara dan doa bersama, acara dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga di tugu pahlawan serta pelaksanaan tabur bunga di makam para pahlawan yang ada di Taman Makam Pahlawan Pasir Kencana, Kuala Pembuang. (Sup/Fto:CKK)