Gerakan Pramuka Seruyan Ikuti Apel Gebyar Pesta Siaga Tingkat Provinsi

Kuala Pembuang – Bertempat di Halaman Kantor Bupati Seruyan, Wakil Bupati Seruyan Hj. Iswanti, SE memimpin Gebyar Pesta Siaga tingkat Provinsi Kalteng wilayah II Sabtu, 9 November 2019. Kegiatan yang di prakarsai oleh Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Kalimantan Tengah ini, berjalan dengan khidmad dan lancar.

Acara turut juga dihadiri Plt Kadis Pendidikan Provinsi Kalteng, Mofid Saptono Subagio dan juga oleh beberapa kepala SOPD dan FKPD di lingkup pemerintah Kabupaten Seruyan, Serta diikuti ratusan anggota pramuka dari Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Kalimantan Tengah yang ada di Kabupaten Seruyan.

Acara yang dimulai dengan Pemimpin Apel memanggil anggota Perindukan Siaga, kemudian membuat lingkaran besar mengelilingi standar Bendera.

Kemudian Pemimpin Upacara memenggil “ Siagaaaaa… “ yang dijawab dengan “ Siapppp….” oleh  seluruh pasukannya.

Setelah itu pembina Apel atau yang disebut “Bunda” dipersilahkan memasuki lapangan dan melanjutkan apel yang dimulai dengan penghormatan kepada bendera merah putih dan dilanjutkan dengan membaca Pancasila yang di ikuti seluruh pasukan.

Kemudian dalam kesempatan itu wakil bupati Seruyan, atau yang akrab dengan panggilan Iswanti membacakan sambutan dari Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran yang mengatakan bahwa pada perkembangan zaman yang telah dewasa ini, perkembangan gerakan pramuka sudah semakin maju dan keberadaannya  harus terus dijaga agar satuan terdepan gerakan pramuka bisa terus dibina dan dikembangkan secara serius dan berkelanjutan, agar kaum muda Indonesia, khususnya Kalimantan Tengah memiliki watak dan berkepribadian serta memiliki jiwa bela negara yang kokoh.

Kemudian ia juga menambahkan bahwa kegiatan pramuka juga merupakan kegiatan yang sangat positif bagi generasi muda, karena pramuka adalah merupakan wadah bagi mereka menggali dan menempa hidupnya supaya selalu berprilaku disiplin, setia kawan, sederhana, jujur dan penuh semangat. Sehingga orang semua orang tua hendak nya agar selalu mendukung anak-anaknya agar mengikuti kegiatan ekstra kurikuler pramuka yang ada disekolahnya masing-masing.

Kemudian iswanti juga menambahkan bahwa untuk memajukan pramuka yang ada di Kabupaten Seruyan , hendaknya pemerintah membangun lokasi Bumi Perkemahan (Buper) sebagai pusat perkemahan maupun kegiatan lainnya.

Karena menurutnya keberadaan Bumi Perkemahan sangat penting untuk menunjang serta memajukan pramuka di Bumi Gawi Hatantiring ini. Kemudian ia juga mencontohkan bahwa selain untuk acara perkemahan tingkat kabupaten, tentu sedikit banyaknya Seruyan memiliki peluang untuk menjadi tuan rumah dalam agenda perkemahan tingkat provinsi maupun nasional, yang dampaknya akan memperkenalkan Seruyan kepada masyarakat luar yang mengikuti perkemahan tersebut.

Misalnya saja pada sektor pariwisata yang merupakan salah satu andalan Kabupaten Seruyan, dengan sejumlah objek wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi, disamping itu Juga berbagai macam makanan ataupun kuliner khas daerah,”ungkapnya.

Kemudian ia juga berpesan dalam seluruh perlomba yang dilaksanakan diharapkan dapat melatih pramuka siaga untuk menambah wawasan  dan pengalaman, ketangkasan,  kekompakan,  seni budaya, yangmana didalamnya memuat nilai-nilai kemandirian, kerjasama, nasionalisme serta tolong menolong. (Sup/Fto:CKK)