Kelompok Informasi Masyarakat Dibentuk Oleh Masyarakat, Dari Masyarakat dan Untuk Masyarakat

DURIAN KAIT – Masyarakat merupakan mitra pemerintah dalam penyebarluasan sebagai sarana informatif dan edukatif dalam pembangunan. Dalam rangka mendorong berkembangnya motivasi masyarakat yang berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dilaksanakan Sosialisasi dan Pembentukan Kelompok Informasi Mayarakat pada Senin (30/09/2019).

Teknologi yang serba cepat membuat arti informasi menjadi penting. Informasi yang tersebar dengan cepat, efektif, efisien menjadi hal yang sangat dibutuhkan masyarakat dalam menghadapi berbagai persoalan yang dihadapi sehari-hari, misalnya informasi tentang peningkatan produktivitas pertanian, informasi perolehan kredit usaha kecil, masalah kesehatan, lingkungan, dan lain sebagainya.

Berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Perdesaan adalah Kelompok Informasi Masyarakat atau kelompok sejenis lainnya selanjutnya disingkat KIM yang dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat yang secara mandiri dan kreatif mengelola informasi dan pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan nilai tambah. Penyiapan sumber daya manusia menjadi hal penting yang harus diperhatikan untuk ikut peduli terhadap keberadaan KIM, aktivitas kelompok berupa pengelolaan maupun penyebaran informasi dapat berjalan optimal.

Pelaksanaan sosialisasi dan pembentukan KIM dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan, kecerdasan, keterampilan dan kearifan yang mendorong berkembangnya motivasi masyarakat dalam berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, agar terdapat kesamaan pemahaman, baik mengenai kelembagaan dan operasionalisasinya melalui tugas dan peranan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan informasi terhadap anggota dan masyarakat sekitar sehingga mampu menentukan gagasan dan pemikiran.

Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk mengubah kondisi masyarakat ke arah lebih baik, lebih unggul dan lebih kompetitif, untuk mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat dan benar, mendorong aktivitas masyarakat untuk tumbuh dan berkembang  dalam menyerap dan menyalurkan informasi maupun aspirasi masyarakat secara mandiri.

Dengan diselenggarakannya kegiatan sosialisasi  dan  pembentukan  kelompok informasi masyarakat (KIM) diharapkan masyarakat dapat menjadi mitra pemerintah dalam penyebarluasan sebagai sarana informatif, edukatif dan motivasi masyarakat dalam pembangunan. (nrl/foto: ckk)