Rapat Kerja Teknis Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Se-Kabupaten Seruyan

KUALA PEMBUANG– Bertempat di Gedung Serbaguna, Bupati Seruyan Yulhaidir membuka secara resmi Rapat Kerja Teknis Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Se-Kabupaten Seruyan. Senin, 28 Oktober 2019.

Rapat yang dihadiri 5 orang Camat, 49 orang Kepala Desa dan perangkat desa lainnya ini bertujuan untuk membahas permasalahan penyelenggaraan pemerintahan desa baik menyangkut perencanaan, pengelolaan dan pengawasan penyelenggaraan administrasi pemerintahan desa maupun mengenai pengelolaan keuangan desa.

Yulhaidir dalam sambutannya menginstruksikan kepada Kepala Desa agar kegiatan desa harus sinkron dengan Kegiatan Pemerintah Daerah agar tidak terjadi tumpang tindih program kegiatan antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa.

Beliau juga meminta agar pendamping desa benar-benar membantu Kepala Desa untuk mengelola Anggaran Dana Desa agar tidak terjerat hukum dan UU yang berlaku.
kegiatan desa juga diharapkan tidak dikelola oleh pihak ketiga, beliau meminta masyarakat desa sendiri yang terlibat dalam pengelolaan Anggaran Dana Desa agar masyarakat desa mendapat pekerjaan, hingga tercapai kemakmuran di Desa, karena tujuan dianggarkannya dana desa yaitu untuk menunjang kemakmuran masyarakat desa, bukan kemakmuran pihak ketiga, ucap beliau.

Banyak manfaat dari pertemuan ini, agar pemerintahan desa, dapat terus menselaraskan seluruh programnya dengan baik, dan jika ada permasalahan dapat di carikan jalan keluar terbaik, “ pinta Bupati Seruyan, Senin, 28 oktober 2019.

Adanya keselarasan antara program kegiatan, pemerintah desa dan program kegiatan pemerintah kabupaten, dirasa sangat penting, agar kegiatan yang ada di tingkat desa memiliki nilai untuk menghantar masyarakat lebih sejahtera.

Kemudian, bupati  mengharapkan, saat pelaksanaan program di  tingkat desa, agar melibatkan warga setempat sebagai pelaksana,  sehingga program pemberdayaan masyarakat  juga dapat terlaksana dengan baik. (zey)