Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kependudukan

KUALA PEMBUANG – Bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Seruyan, dilaksanakan kegiatan Penandatangan Perjanjian Kerjasama Antara dengan 27 Organisasi Perangkat Daerah tentang Pemanfaatan Data Nomor Induk Kependudukan, Data  Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) pada Senin (14/102019).

Hadir dalam kegiatan ini Asisten III Setda Seruyan, Agus Suharto, Kabid Pengolahan Informasi Administrasi Kependudukan Disdukcapil Provinsi Kalteng, Ambar Ratmoko, dan 27 Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Pemkab Seruyan yang bersama-sama melakukan penandatanganan MoU dan perjanjian kerjasama terkait pemanfaatan data kependudukan.

Dalam sambutan Bupati Seruyan yang dibacakan Asisten III Setda Seruyan menyampaikan bahwa data kependudukan wajib digunakan seluruh satuan organisasi perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Seruyan secara benar dan bertanggung jawab. Data kependudukan bisa digunakan untuk semua keperluan seperti pelayanan publik, perencanaan pembangunan hingga penegakan hukum.

Pemanfaatan data kependudukan sudah sangat jelas peruntukannya harus bermuara pada peningkatan kualitas pelayanan publik, bukan untuk tujuan lain. Tujuan dari kegiatan ini untuk mengamankan data kependudukan yang diakses agar tidak disalahgunakan oleh seluruh lembaga penggunanya.

Maka untuk keamaanan penggunaan data kependudukan, lembaga pengguna diikat ketat oleh undang undang maupun Permendagri serta perjanjian kerja sama yang telah ditandatangani. Tujuannya tidak lain agar seluruh penggunaan data kependudukan bisa digunakan secara benar dan bertanggung jawab.

Kepala Dinas Dukcapil Seruyan, Mansyur Ibrahim dalam sambutannya mengatakan bahwa pemanfaatan data kependudukan itu mulai dari akses Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), dan lainnya. Dengan MoU ini, seluruh SOPD bisa memanfaatkan data kependudukan yang ada. Salah satunya sebagai bahan perencanaan pembangunan di daerah. Selain itu, data kependudukan bisa digunakan untuk mempermudah pelayanan publik, keperluan pemilu, hingga pencegahan tindak kriminal. Dari kerjasama ini, nantinya akan dilakukan evaluasi secara rutin. Apakah data kependudukan ini dimanfaatkan secara baik. Jika tidak, kerjasama bisa saja tidak diperpanjang.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memudahkan agar OPD yang bekerjasama dengan Dukcapil dapat mengakses data kependudukan sesuai dengan kebutuhan OPD masing-masing dan untuk mengoptimalkan dari pelayanan dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Seruyan. (nrl/ foto: capil)