JADIKAN MTQ & FSQ SEBAGAI SYI’AR AGAMA DAN PEMBINA UKHUWAH ISLAMIYAH

Rantau Pulut – Perhelatan Akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XV dan Festival Seni Qasidah (FSQ) tingkat Kabupaten tahun 2019 telah resmi diselenggarakan dengan meriah di lapangan Bukit Haramaung Rantau Pulut, Kecamatan Seruyan Tengah, Kabupaten Seruyan.

Acara dibuka langsung oleh Bupati Seruyan, Yulhaidir, dan dihadiri oleh Wakil Bupati Seruyan, Hj. Iswanti, SE., MM., Ketua dan anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kapolres Seruyan, Perwira Penghubung 1015 Sampit, Ketua Pengadilan Agama Kuala Pembuang, Kepala SKPD, Camat dan para undangan serta seluruh penonton yang ada di lapangan Bukit Haramaung Rantau Pulut, Kecamatan Seruyan Tengah, Kabupaten Seruyan.

Acara yang  dimulai  pada tanggal 1 Oktober 2019 kemarin, dimulai dengan kegiatan pawai ta’ruf yang dimeriahkan oleh seluruh kontingen dari setiap kecamatan yang berlaga hingga perwakilan berbagai peserta dari sekolah dan masyarakat yang menampilkan berbagai macam tema kostum karnaval karena ingin berpartisipasi dalam meramaikan perhelatan tersebut.

Pada malam harinya acara dilanjutkan dengan pengukuhan sekaligus pengambilan sumpah Dewan Juri dan Panitera serta pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XV dan Festival Seni Qasidah (FSQ) tingkat Kabupaten tahun 2019.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penampilan barisan-barisan kontingen dari perwakilan semua Kecamatan dengan menampilkan berbagai macam kostum batik etnik yang menunjukan ciri khas daerahnya masing-masing yang berjalan di depan kerumunan penonton dan panggung kehormatan.  

Acara menjadi hening serta khidmat setelah Qori Internasional asal Sumatera Utara yang memperoleh Juara II pada Musabaqah Tilawatil Qur’an tingkat Internasional di Taheran (Iran) tahun 2011, H. Darwin Hasibuan, S.Pdi yang memperdengarkan suara indahnya dengan melantunkan bacaan ayat-ayat suci al-Qur’an.

Setelah lantunan ayat suci al-Qur’an selesai diperdengarkan. Bupati Seruyan, Yulhaidir, dalam sambutannya mengatakan bahwa Pada hakekatnya pelaksanaan MTQ dan FSQ  ini  merupakan media untuk meningkatkan pemahaman dan penghayatan ajaran Islam, serta syi’ar agama islam dalam rangka membina ukhuwah Islamiyah.

Selain itu momentum, pelaksanaan MTQ dan FSQ pada tahun ini hendaknya bisa dijadikan sebagai salah satu tonggak, dalam rangka membina qori-qoriah maupun hafiz-hafizah menuju kemandirian dalam menghayati dan mengamalkan nilai-nilai yang ada di dalam Alqur’an itu sendiri,” terangnya

“Diharapkan kepada seluruh peserta dapat mengeluarkan kemampuan terbaiknya dan bersaing secara sehat, karena menurutnya seluruh pemenang pada acara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XV dan Festival Seni Qasidah (FSQ) tingkat Kabupaten tahun 2019 ini akan dibawa ke level yang lebih tinggi lagi yakni Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) dan Festival Seni Qasidah (FSQ) tingkat Provinsi”. Pungkasnya

Dalam kesempatan itu juga Bupati Seruyan secara simbolis menyerahkan trophy bergilir kepada ketua panitia pelaksana, yang mana trophi tersebut sebelumnya berada di Kecamatan Seruyan Hilir yang menjadi juara umum tahun sebelumnya.

Senada dengan Bupati Seruyan, melalui laporannya ketua panitia yang sekaligus adalah Camat Seruyan Tengah, Primermen mengatakan, bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan MTQ dan FSQ ini adalah menyeleksi peserta terbaik Kabupaten Seruyan untuk selanjutnya mewakili MTQ dan FSQ ke tingkat Provinsi Kalteng tahun 2020 mendatang.

Tidak sampai disitu, sebelum acara pembukaan berakhir panitia telah menyiapkan acara tambahan untuk menambah kemeriahan berikutnya yakni dengan menampilkan suguhan tarian kolosal dan musik qasidah dari grup musik qasidah yang didatangkan dari luar Kabupaten Seruyan. (Sup/foto:Jai)