Bupati dan Wakil Bupati Ikuti “Seruyan Sehat Fun Bike” di Kuala Pembuang

KUALA PEMBUANG – Bupati Seruyan Yulhaidir didampingi Wakil Bupati Seruyan Hj. Iswanti, S.E., M.M., beserta Sekretaris Daerah Drs. Haryono, M.M., melepas secara resmi acara “Seruyan Sehat Fun Bike”, Minggu (15/09/2019), di depan Stadion Mini Gagah Lurus Kuala Pembuang.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Seruyan Yulhaidir menyampaikan, bahwa Pemerintah Kabupaten Seruyan mendukung berbagai pihak apabila ingin mengadakan acara-acara yang mengajak masyarakat dalam membudayakan pola hidup sehat dengan berolahraga rutin, khususnya olahraga sepeda.

“Kita akan support para pelaku olahraga, baik perorangan maupun kelompok atau komunitas untuk mengajak masyarakat kita membudayakan pola hidup sehat, salah satunya adalah dengan menggiatkan olahraga sepeda,” kata Yulhaidir.

Orang nomor satu di Kabupaten Seruyan tersebut menambahkan, dengan mengajak masyarakat untuk hidup sehat melalui olahraga, tentunya dapat mendukung Program Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang sedang digalakkan Pemerintah Pusat khususnya dari Kementrian Kesehatan.

Pada kesempatan itu, Bupati juga mengapreasiasi terbentuknya Bawaslu Seruyan Cycling Community (BSCC) dan berharap agar semakin banyak club-club sepeda yang terbentuk baik di instansi pemerintah maupun swasta di Kabupaten Seruyan.

Sementara itu, ketua Seruyan Bike Club, dr. H. Reson Rusdianto mengatakan, dilaksanakannya kegiatan ini dalam rangka untuk memeriahkan HUT Republik Indonesia  ke – 74 dan HUT Seruyan ke – 17 serta melihat animo masyarakat yang semakin banyak mencintai olahraga bersepeda sehingga digagaslah kegiatan ini.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat berolahraga khususnya bersepeda di masyarakat dan ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Bupati Seruyan yang telah mendukung sepenuhnya kegiatan ini sehingga berlangsung sukses,“ tandas Reson.

Fun bike bertajuk “Wani Mengayuh Wani Mukuh” dengan jarak tempuh 10 kilometer (Km) yang digagas oleh komunitas sepeda Seruyan Bike Cycle (SBC) tersebut berlangsung cukup meriah.

Bupati  Seruyan dan rombongan pun bersepeda mengikuti rute yang sudah disiapkan panitia. Kegiatan langsung dilanjutkan dengan kegiatan senam bersama sekaligus menarik undian dengan berbagai macam doorprize yang telah disediakan panitia dan hadiah utama berupa satu unit sepeda motor persembahan Bupati Seruyan, Yulhaidir.

Berikut ini beberapa manfat dan juga mudarat dari bersepeda bagi kesehatan, seperti dikutip dari website detikHealth dengan URL https://health.detik.com/, Kamis (26/09/2019). Manfaat sepeda :

  1. Sepeda membantu membentuk tubuh dan memberikan energi. Saat bersepeda gerakan yang dilakukan turut membentuk, menguatkan serta mengencangkan paha, otot betis dan daerah panggul.
  2. Turut membantu mengurangi selulit di paha, serta mengurangi stres di daerah lutut dan pergelangan kaki dibanding dengan kegiatan lain seperti berjalan atau latihan aerobik.
  3. Sepeda membantu melancarkan sirkulasi darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi ke semua otot seluruh tubuh.
  4. Bersepeda diyakini bisa meningkatkan perlindungan tubuh terhadap berbagai penyakit seperti diabetes karena membantu menurunkan berat badan serta menghindari tekanan darah tinggi.
  5. Sepeda bisa membantu mengurangi kadar stres, hal ini karena umumnya orang melakukan sepeda sambil santai dan menghitup udara segar.
  6. Sepeda baik untuk kesehatan kardio (jantung), olahraga sepeda bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung sehingga mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner.

Efek samping sepeda :

  1. Sepeda tidak dianjurkan bagi orang yang memiliki masalah dengan sendi dan juga nyeri rematik.
  2. Bersepeda diketahui bisa mempengaruhi kualitas dari sperma laki-laki, berdasarkan penelitian diketahui bersepeda lebih dari 5 jam dalam satu minggu bisa membuat 31-40 persen laki-laki memiliki jumlah sperma di bawah normal.
  3. Gerakan berulang yang dilakukan saat bersepeda bisa menyebabkan masalah pada lutut, hal ini terjadi jika ada peningkatan dalam intensitas, jarak yang terlalu cepat penggunaan sadel yang terlalu tinggi atau terlalu rendah.
  4. Jika suka menggunakan sepeda gunung maka cenderung berisiko mengalami masalah atau cedera tulang punggung, karena penggunaan sepeda gunung umumnya dilakukan dengan kecepatan tinggi dan jalur yang ekstrim.

Untuk mendapatkan manfaat yang baik dari olahraga bersepeda, para pegowes sebaiknya melengkapi dirinya dengan alat pelindung seperti helm dan juga masker, serta menghindari daerah-daerah yang ramai kendaraan bermotor untuk mengurangi paparan polusi. (xo/foto: prokom)