Bupati Seruyan Resmi Kukuhkan Lima Komisioner Baznas

Kuala Pembuang – Saat ini sudah banyak regulasi yang telah dikeluarkan oleh pemerintah terkait dengan peraturan perundang-undangan melalui pengelolaan zakat seperti, Undang-undang RI Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.

Selain itu Peraturan perundang-undangan yang terkait dengan kelembagaan Baznas yakni Keputusan Presiden RI Nomor 3 Tahun 2011 tentang Badan Amil Zakat Nasional. Peraturan Menteri Agama Nomor 116 Tahun 2014 tentang Pembentukan Badan Amil Zakat Nasional Provinsi. Peraturan Baznas Nomor 01 Tahun 2014 tentang pengajuan pertimbangan pimpinan Baznas. Peraturan Baznas Nomor 02 Tahun 2014 tentang Pemberian Rekomendasi Pembentukan LAZ. Peraturan Baznas Nomor 03 Tahun 2014 tentang Organisasi Baznas Provinsi dan Baznas Kabupaten Kota. Peraturan Baznas Nomor 04 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan Baznas.

Berdasarkan hal diatas Bupati Seruyan Yulhaidir resmi mengukuhkan 5 (lima) Komisioner Baru Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Seruyan dengan masa bakti 2019 – 2024.

Acara yang diselenggarakan di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Seruyan Jumat 6 September 2019 ini, dihadiri oleh Kapolres Seruyan yang diwakili oleh Kabag Perencanaan Polres Seruyan, beberapa Asisten Setda,  Kepala SOPD, Kepala Kemenag Seruyan, dan Kepala Majelis Ulama Indonesia (MUI) Seruyan.

Dengan demikian pimpinan Baznas Kabupaten Seruyan keberadaannya secara resmi sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2011 sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang bertugas sebagai pengelola zakat di Kabupaten Seruyan.

Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Seruyan Nomor 188.45/363/2019 tentang Penetapan Pimpinan Baznas Periode 2019-2024 yaitu:

  1. Muhammad Tajudin noor, AH Jabatan Ketua BAZNAS
  2. H Afroyin Aladin, S.Ag Jabatan Wakil Ketua Bidang Pengumpulan
  3. Ir Dewi Ratih Kartika Sari Jabatan Wakil Ketua Bidang Administrasi, Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum
  4. Akhdini Jabatan Wakil Ketua Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan
  5. Ahmad Yani, SE Jabatan Wakil Ketua Bidang Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan

Dengan dikukuhkannya komisioner baru Baznas, diharapkan dapat membawa lembaga pemerintah di bawah naungan Kemenag Seruyan ini, agar mampu meberikan pelayanan yang lebih efektif dan efisien kepada masyarakat dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan, dan pendistribusian serta pendayagunaan zakat.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pimpinan Baznas merupakan koordinator dalam hal pengumpulan zakat dan pendistribusiannya diharapkan mampu membentuk serta menjalankan Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) di masing-masing SOPD, Kecamatan, Kelurahan maupun Desa.

Karena melihat dari potensinya Kabupaten Seruyan dengan mayoritas penduduk beragama Islam memiliki potensi Zakat, Infaq, dan Shodaqoh (ZIS) sangat besar yang dapat dimaksimalkan oleh Baznas.

Selaras dengan pesan Bupati Seruyan Yulhaidir yang mengatakan “Semoga dengan dikukuhkannya Baznas Kabupaten Seruyan ini dapat bekerja secara profesional dan akuntabel dalam mengelola zakat, infaq dan shodaqoh umat islam dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat”. (Sup/foto: aan)