KEGIATAN PENGAYAAN STOCK IKAN (RESTOCKING) DI KECAMATAN DANAU SEMBULUH

Desa Telaga Pulang –  Bupati Seruyan pimpin Kegiatan penyebaran pengayaan stock ikan (Restocking) di Sungai Seruyan Desa Telaga Pulang Kecamatan Danau Sembuluh pada Rabu (31/07/2019).

Turut hadir juga pada kegiatan tersebut Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Seruyan, Camat Danau Sembuluh, Kapolsek Telaga Pulang, Danranmil (Komandan Rayon Militer) Telaga Pulang, dan para Tokoh Masyarakat Desa Telaga Pulang. Acara yang dimulai dari jam 04.00 WIB ini berjalan dengan lancar dan masyarakat sekitar juga turut berpartisipasi dalam kegiatan ini, yang mana benih yang ditebar sekitar 8.600 ekor benih ikan. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanan Dinas Perikanan Kabupaten Seruyan.

Kegiatan Restocking merupakan salah satu upaya pemerintah Kabupaten Seruyan melalui Dinas Perikanan untuk menambahan stock ikan tangkapan yang ada di perairan umum daratan (PUD), terutama pada perairan yang dianggap telah mengalami penurunan jumlah   hasil tangkapan akibat tingkat pemanfaatan yang berlebihan.

Kegiatan restocking selain menambah stock ikan, juga bertujuan mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang, dikarenakan keberadaan ikan pada suatu perairan akan memberikan manfaat baik bagi ekosistem pada perairan tersebut maupun bagi manusia sebagai bahan pangan. Oleh karena itu kegiatan restocking ikan (penambahan jumlah ikan) sebagai bentuk dukungan terhadap program Nasional dalam hal kelestarian sumberdaya perikanan pada Perairan Umum Daratan (PUD).

Pemerintah Kabupaten Seruyan melalui Dinas Perikanan mengharapkan keterlibatan masyarakat dalam menjaga kelestarian sumber daya ikan agar ekosistem dan sumberdaya ikan tetap terjaga karena selama ini masih banyak pengambilan ikan yang tidak wajar dan tidak ramah lingkungan seperti putas dan setrum,

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Seruyan  mengajak kepada masyarakat khususnya masyarakat desa Telaga Pulang untuk dapat menjaga benih ini dan dibiarkan tumbuh besar agar nantinya bisa dimanfaatkan dengan baik.

Jenis dan jumlah benih ikan yang ditebar pada kegiatan Pengayaan Stock Ikan (Restocking) di Kecamatan Danau Sembuluh, yaitu :

  1. Benih Ikan Jelawat Ukuran 5 – 7 Cm sebanyak 3.500 Ekor
  2. Benih Ikan Gurame/Kalui Ukuran 5 – 7 Cm sebanyak 2.000 Ekor
  3. Benih Ikan Patin Ukuran 5 – 7 Cm sebanyak 3.100 Ekor

Keterlibatan masyarakat dalam pelestarian  benih ikan diantaranya adalah ikan yang boleh  ditangkap sebaiknya hanya ikan ukuran konsumsi saja dan tentunya dalam pengambilan harus dengan cara yang wajar dan ramah lingkungan, sedangkan benih-benih dan induk ikan yang tertangkap dikembalikan lagi ke Perairan Umum Darat (PUD) dengan harapan dapat memberikan kesempatan pada ikan untuk tumbuh dan berkembang.

Dengan demikian adanya kegiatan Pengayaan Stock Ikan (Restocking) di Kecamatan Danau Sembuluh Desa Telaga Pulang diharapkan terjadinya Peningkatan Populasi ikan diperairan Umum Darat khusnya diperairan sungai Seruyan Desa Telaga Pulang, pelestarian keanekaragaman sumberdaya ikan dan peningkatan produksi ikan diperairan umum guna pemenuhan gizi bagi masyarakat  serta peningkatan kesejahteraan masyarakat/ nelayan disekitar perairan sungai Desa Telaga pulang melalui peningkatan pendapatan yang merata dan kesempatan tambahan  dari sektor perikanan. (Diskan/srw)