BIMTEK PENGELOLAAN KEARSIPAN TAHUN 2019

KUALA PEMBUANG Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Seruyan menyelenggarakan Bimtek Pengelolaan Kearsipan Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Seruyan Tahun 2019.

Dilaksanakan di Gedung Serbaguna Kuala Pembuang Selama 2 (dua) hari senin-selasa 22 sd 23 Juli 2019, dibuka oleh Asisten Administrasi Umum, Agus Suharto dan dihadiri oleh pembukaannya dihadiri Unsur FKPD, Perangkat Daerah serta diikuti oleh 80 orang Peserta Bimtek yaitu 1 Orang Kasubbag Umum dan 1 Orang Staf Pengelola Arsip dari setiap Perangkat Daerah dan Kecamatan Se-Kabupaten Seruyan.

Laporan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Seruyan Bapak Drs. H. Astono dan dibuka secara resmi oleh Bupati Seruyan yang diwakili oleh Asisten III Bapak H. Agus Suharto, S.Sos. Bimtek ini bertujuan untuk menjamin terciptanya arsip yang dilakukan SOPD di lingkungan Pemkab Seruyan, agar terwujudnya pengelolaan arsip yang profesional, efektif dan akurat.

Perlu penambahan referensi, wawasan dan pengalaman terhadap pengelolaan kearsipan. Salah satunya melalui bimtek kearsipan ini. Sehingga terwujud pengelolaan kearsipan di SOPD guna mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas, meningkatkan kompetensi para penyelenggara tugas-tugas kerasipan di SOPD untuk mendukung pimpinan dalam pengambilan keputusan, serta bagaimana kita memfungsikan dengan baik unit kearsipan yang telah dibentuk, karena tidak ada kegiatan pemerintahan yang tidak menghasilkan arsip.

Pada hari Pertama Bimtek, materi disampaikan oleh Bapak Madiyo, S.Pd. Arsiparis Penyelia Tk. I selaku Narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah, beliau memberikan materi dan praktik tentang Pengelolaan Arsip Statis dan didampingi oleh Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Seruyan Bapak Drs. M. Khamdani sebagai Moderator.

Pada Materi Pengelolaan Arsip Dinamis, membahas tentang Pengelolaan Arsip Aktif, Inaktif, Arsip Vital. Jadwal Retensi Arsip (JRA), Spesifikasi Surat dan Praktik Pengelolaan Arsip Aktif dan Inaktif yang sesuai dengan Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yang tertuang dalam Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2012 tentang Desain Pembinaan Kearsipan Pada Pemerintah Daerah dan Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 09 Tahun 2012 tentang Pedoman Pengelolaan Arsip Aset.

Kegiatan Bimtek Pengelolaan Kearsipan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Seruyan Tahun 2019, di tutup Oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Seruyan Bapak Drs. H. Astono. (DPK/nrl)