Sosialisasi Internet Sehat Generasi Milenial dengan Internet Cerdas, Kreatif dan Produktif

KUALA PEMBUANG – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah menggelar sosialisasi internet sehat Tahun 2019 di Kabupaten Seruyan,  Kuala Pembuang, pada jumat (5/7). Sosialisasi yang diikuti oleh kelompok masyarakat, Pelajar, Mahasiswa dan pegawai kominfo kabupaten Seruyan mengangkat tema “Generasi Milenial dengan Internet Cerdas, Kreatif dan Produktif”.

Sosialisasi internet sehat dimaksudkan untuk memberikan pemahaman bagi masyarakat tentang keuntungan dari pemanfaatan aplikasi alternatif berbasis open source untuk kebutuhan sehari-hari dan bagaimana memanfaatkan fasilitas internet secara sehat. Selain itu juga untuk memberikan gambaran tentang manfaat internet dan hal-hal positif yang bisa didapat dari internet, kemudian memberikan pemahaman tentang hal-hal negatif yang dapat muncul di internet dan solusi untuk mengurangi dampaknya.

Membuka secara resmi kegiatan sosialisasi yaitu Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs. H. Djainuddin Noor, Plt. Kepala  Dinas Kominfo dan Statistik, Idham B.W  Kusumah, SE., MSM, Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik (Kabid PKP) Diskominfo Prov. Kalteng Baryen, ST., M.Eng selaku narasumber beserta jajarannya.

Masyarakat Seruyan khususnya generasi milenial harus cerdas dalam menggunakan internet, khususnya bermedia sosial. Hal itu mengemuka dalam sosialisasi internet sehat, yang digelar Dinas Kominfo Kalteng melalui Dinas Kominfo Seruyan, Jumat 5 Juli 2019.

Kegiatan yang melibatkan pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum itu dibuka Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Seruyan, Djainuddin Noor. Djainuddin Noor mengatakan, penggunaan internet dewasa ini harus secara cerdas. Mengingat semua hal berkenaan dengan komunikasi dan informasi ada di internet.

Terutama bagi pelajar dan mahasiswa sekarang ini semua informasi berada di genggaman. Tinggal buka google semua hal yang ingin dicari akan ketemu. Jadi internet itu penggunaannya tergantung kita.

Manfaat internet tergantung penggunanya. Jika digunakan untuk hal yang positif maka banyak manfaatnya. Seperti lebih bersifat edukatif, refresif, dan yudikatif. Begitu juga sebaliknya. Jadi gunakan internet dengan tujuan yang baik. Jangan salah menggunakan kecanggihan teknologi masa kini. Apalagi menyebar informasi hoaks.

Turut memeriahkan kegiatan sosialisasi, Sanggar Karungut dan guru yang membawakan karungut demi mengajak generasi milenial untuk berinternet bijak. Alunan kecapi yang dibawakan Iluk L Hanyi, dan suara merdu Noryani dan Enun yang menyanyikan lagu karungut khas Kalteng, mampu membuat para generasi milenial terpesona. Syair yang disampaikan, mengajak para generasi milenial untuk berinternet positif.

Usai membawakan karungut, Noryani mengatakan imbauan yang mereka lalukan itu demi mengajak generasi milenial bisa menggunakan internet dengan lebih bijak. Dengan karungut kita bisa memberikan masukan motivasi, berkomunikasi, dan menyadarkan orang lain karena karungut itu luas jangkauannya.

Karungut adalah salah satu media untuk menginformasikan dan memberikan pesan-pesan moral kepada pendengarnya. Di dalam karungut itu, ada pesan-pesan moral tentang pendidikan, dan ada juga hiburannya. Melalui karungut diharakan dapat menikmati pelajaran, seperti penggunaan internet yang cerdas dan kreatif. Itu ada di pesan-pesan positif di dalam syair karungut yang ditampilkan.

Baryen, ST., M.Eng selaku narasumber dalam kegiatan tersebut menjelaskan betapa pentingnya internet dan media sosial bagi generasi milenial, baik untuk bidang pendidikan maupun memperluas peluang usaha. Baryen juga mengingatkan peserta tentang beberapa pantangan dalam menggunakan internet dan media sosial. Jangan menyebarkan hoaks, jangan menyebarkan foto-foto yang kurang baik, saring dulu sebelum sharing. 

Sebelumnya, Ketua Penyelenggara Kegiatan, Laura Andalina, SP., M.Si dalam laporannya mengatakan, sosialisasi internet sehat dimaksudkan untuk memberikan pemahaman bagi masyarakat tentang keuntungan dari pemanfaatan aplikasi alternatif berbasis open source untuk kebutuhan sehari-hari dan bagaimana memanfaatkan fasilitas internet secara sehat.

Tujuan kegiatan ini adalah memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat tentang teknologi informasi dan sebagai masukan dalam penerapan penggunaan internet untuk mendukung proses pembelajaran yang tepat guna. (nrl)