Festival Pangan Lokal B2SA Menjadikan Ibu Rumah Tangga Pioner Dalam Penggerak Kesejahteraan Keluarga

Kuala Pembuang– Pemerintah Kabupaten Seruyan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) menggelar acara festival pangan lokal yang bertajuk pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Kabupaten Seruyan 2019 yang bekerja sama dengan TP PKK Kabupaten Seruyan.

Festival yang diselenggarakan di Pendopo Rumah jabatan Bupati Seruyan Rabu (26/6) tersebut mendatangkan juri-juri yang ahli pada bidangnya yakni Agus Gazali Rahman atau yang akrab dipanggil Agus Sasirangan mantan peserta Master Chef Indonesia, Gina Rose yang merupakan pengusaha kuliner dan serta Euddia Sinthika yang merupakan ahli gizi.

Acara yang langsung dibuka oleh Bupati Seruyan tersebut juga dihadiri oleh  Wakil Bupati Seruyan, FKPD,Kepala SKPD, Ketua GOW, serta seluruh peserta festival pangan lokal (B2SA), kegiatan ini diharapkan dapat mendorong percepatan penganekaragaman pangan, Sehingga perlu dilakukan dengan serius, fokus dan berkelanjutan, baik dari sisi hulu maupun hilir.

Maksudnya Dari sisi hulu dilakukan dengan peningkatan penyediaan berbagai jenis dan aneka ragam pangan. Jadi, tidak tergantung hanya pada salah satu jenis pangan saja, kemudian dari sisi hilirnya, strategi yang dilakukan meliputi pengembangan pengolahan pangan lokal berbasis industri rumah tangga, inovasi resep ataupun menu khas daerah masing-masing, serta menggalakan kampanye maupun gerakan sosialisasi serta promosi pola konsumsi pangan.

Bupati Seruyan Yulhaidir mengatakan Kabupaten Seruyan kaya akan sumber panganan lokal yang hingga saat ini masih belum termanfaatkan secara optimal, diharapkan dengan di gelarnya kegiatan festival panganan lokal  Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) ini, dapat menumbuhkan semangat serta kreatifitas untuk memanfaatkan produk pangan lokal yang berkelanjutan.

Disamping itu ia juga menambahkan bahwa dengan kegiatan ini kita harapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengkonsumsi aneka ragam pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA). Konsumsi pangan berkualitas dapat diwujudkan apabila makanan yang dikonsumsi sehari-hari mengandung zat gizi lengkap sesuai kebutuhan tubuh dengan jumlah yang berimbang. Karena menurut kajian ilmiah menunjukan bahwa untuk dapat hidup sehat dan produktif memerlukan sekitar 45 jenis zat gizi yang harus diperoleh dari makanan yang dikonsumsi.

Kemudian menurut Ketua PKK Kabupaten Seruyan Fauziah Yulhaidir dalam sambutannya mengatakan “Ibu rumah tangga memiliki peran penting dalam  menjaga keluarga tetap sehat,  salah satunya mengatur menu makanan sehari-hari dalam keluarga agar selalu menerapkan pola pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA). Jadi dengan diselenggarakannya kegiatan festival ini diharapkan kepada seluruh peserta yang di dominasi ibu-ibu PKK ini dapat menjadi Pioner Penggerak Kesejahteraan Keluarga sekaligus sebagai ibu rumah tangga yang mampu menjaga keluarganya agar tetap sehat melalui penerapan pangan B2SA.

Kemudian ia juga menambahkan bahwa kegiatan ini juga diharapkan mampu menimbulkan dampak positif bagi peningkatan nilai tambah produk makanan, meningkatkan pendapatan rumah tangga melalui industri rumahan, yang selanjutnya akan menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat. (Sup/Foto: aan)