Sekretaris Daerah Membuka Secara Resmi Rakor TIK Tahun 2019

Kuala Pembuang – Senin, 24 Juni 2019, bertempat di Aula Rumah Betang Jalan Akhmad Yani Kuala Pembuang, Sekretaris Daerah Drs. HARYONO, MM membuka secara resmi acara Rapat Koordinasi (RAKOR) Tim Inovasi Kabupaten (TIK) Ke-I Tingkat Kabupaten Seruyan Tahun 2019.

Dalam kegiatan rapat koordinasi tersebut, sekretaris daerah dalam sambutannya menyampaikan bahwa program inovasi desa merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan agenda Nawa Cita, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

Program Inovasi Desa tersebut juga merupakan proses pengembangan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yang dipetik dari hasil-hasil pelaksanaan pembangunan desa. Program ini dimaksud untuk meningkatkan kapasitas desa dalam pengembangan rencana dan pelaksanaan pembangunan di desa secara berkualitas. Sehingga dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan agar dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan kemandirian ekonomi, termasuk yang baru dalam bentuk barang atau jasa, yang dapat memberikan nilai tambah serta berkelanjutan, baik melalui pembangunan infrastruktur, pengelolaan sumber daya manusia, ekonomi dan sosial budaya.

Dalam kesempatan itu juga, beliau menambahkan untuk kabupaten Seruyan sendiri telah mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing sesuai dengan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa berharap Tim Program Inovasi Desa atau TIP kabupaten dan kecamatan bisa bekerjasama mendorong agar program inovasi desa bisa berjalan sesuai dengan harapan dan kedepannya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Hfj)