Bulan Ramadhan Disambut Pawai Ta’aruf

KUALA PEMBUANG – Pada hari Sabtu tanggal 4 Mei 2019, bertempat di depan Stadion Mini Gagah Lurus Kecamatan Seruyan Hilir kota Kuala Pembuang, acara pawai ta’aruf tarhib Ramadhan 1440 Hijriah / 2019 Masehi resmi dibuka oleh Bupati Seruyan, Yulhaidir.

Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, para ulama dan tokoh masyarakat Kabupaten Seruyan pun turut hadir dalam acara pelepasan pawai tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Yulhaidir dalam sambutannya, menyampaikan bahwa kegiatan Pawai ta’aruf tarhib Ramadhan ini merupakan bentuk kegembiraan dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Kegiatan ini menjadi awal mempersiapkan diri kita dalam memasuki bulan puasa, “beruntung kita dapat berjumpa lagi dengan bulan yang penuh berkah yaitu bulan Ramadhan, mari kita sambut bulan Ramadhan dengan penuh suka cita dan kegembiraan. Momentum ini kita jadikan sebagai ruang silaturahmi dan mensyiarkan bahwa Islam itu bersatu dan menjadi rahmat bagi alam semesta”.

Pawai ta’aruf tarhib Ramadhan merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Seruyan dalam rangka menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan.

Pawai ta’aruf tarhib Ramadhan tahun ini memiliki tema “Ramadhan adalah Dengan Hikmah Ramadhan Kita Pererat Persatuan dan Kesatuan Umat Beragama”.

Dilaksanakan pawai ta’aruf tarhib Ramadhan juga bertujuan untuk mengingatkan masyarakat akan hadirnya bulan suci Ramadhan serta menegakkan syiar Islam dalam rangka saling mengingatkan sesama dalam kebaikan.

Rute pawai tahun ini mengambil start dari Jalan Ahmad Yani – Brigjend Katamso – Kapten Mulyono – Mayjend Suprapto – Ais Nasution – Adam Malik dan finish Jalan Ahmad Yani.

Ratusan warga Kabupaten Seruyan pun tampak antusias memadati trotoar di sepanjang rute pawai tersebut, menyaksikan berjalannya acara pawai ta’aruf tarhib Ramadhan 1440 Hijriah. Selain warga, para peserta pawai ta’aruf pun tampak semangat dan khidmat dalam mengikuti acara tersebut.

Pawai pun berlangsung lancar dan meriah disaksikan ratusan warga yang datang dari berbagai pelosok daerah di Kabupaten Seruyan. Para  peserta yang menggunakan busana muslim dan Muslimah pun terlihat membawa berbagai macam poster / spanduk yang berisi ajakan untuk menjalankan ibadah di dalam bulan suci Ramadhan.

Peserta pawai ta’aruf tarhib Ramadhan 1440 H terdiri dari siswa siswi sekolah negeri maupun swasta, mahasiswa-mahasiswi dari universitas yang ada di Kuala Pembuang dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan  di lingkungan Pemerintah Kabupaten Seruyan serta Organisasi Masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Seruyan, Fauziah Yulhaidir berkesempatan ikut bergabung dalam barisan pawai ta’aruf. Fauziah turut mengajak seluruh warga Seruyan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dengan penuh suka cita.

Dengan dilaksanakannya Pawai Ta’aruf tahrib Ramadhan 1440 H, diharapkan semakin mempererat silatuhrami antar warga dan Pemerintah Daerah Kabupaten Seruyan. (xo/foto:jai)